Tempek Pengempon Pura

Pura sebagai sebuah lembaga sosial memerlukan adanya kelompok umat yang bertanggung jawab terhadap pemeliharaan, upacara dan seluruh kebutuhan Pura. Kelompok tersebut lebih dikenal dengan sebutan Pengempon Pura yang terorganisir sebagai Tempek-Tempek,. Karena jumlah Pura yang ada di DKI Jakarta sangat banyak maka ditetapkan Pengempon Pura dibagi berdasarkan domisili umat yang terdekat dengan lokasi Pura. Demikian halnya Pura Aditya Jaya berada di wilayah kota Jakarta Timur, maka yang bertanggung jawab terhadap keberadaan Pura Aditya Jaya

Suka Duka Hindu Dharma (SDHD) Banjar Wilayah Kota Jakarta Timur keberadaannya sangat unik, berbeda dengan Banjar-Banjar di Wilayah kota di DKI Jakarta lannya dimana Tempek-Tempek  sesuai dengan Anggaran Dasar Suka Duka Hindu Dharma DKI Jakarta, Banjar Wilayah Kota langsung membawahi Tempek-Tempek.

Mengingat di wilayah kota Jakarta Timur  terdapat 4 Pura yaitu Pura Aditya Jaya-Rawamangun diempon oleh 9 Tempek, Pura Mustika Dharma Cijantung diempon oleh 8 Tempek, Pura Agung Tamansari Halim Perdana Kusuma 4 Tempek dan Pura Widya Dharma Cibubur diempon oleh 3 Tempek.

Oleh Karena itu SDHD Banjar Wilayah Kota Jakarta Timur membawahi 4 Pengempon Pura dimana masing2 Pengempon Pura terhimpun dalam suatu Kepengurusan (Pengurus Pengempon) dimana kepengurusan ini bertanggung jawab kepada Ketua Banjar Wilayah Kota Jakarta Timur.

Peengempon Pura Aditya Jaya Rawamangun terdiri dari 9 Tempek  sebagai berikut:

  1. Tempek Cipinang (Ketua: I Gusti Gede Astawa)
  2. Tempek Jatiwaringin (Ketua: Ir. I Nyoman Sudarsana)
  3. Tempek Kampung Ambon (Ketua: dr Ketut Suryawan)
  4. Tempek Kelapa Gading (Ketua: Ir. Nyoman Wester)
  5. Tempek Kelender (Ketua: I Gusti Ngurah Udiyana)
  6. Tempek Pondok Bambu (Ketua: Pande Negara)
  7. Tempek Pulo Gebang (Ketua: IGN Agung Putra Mahendra, SH, MH)
  8. Tempek Rawamangun (Ketua: Nyoman Sucahya)
  9. Tempek Utan Kayu (Ketua: Ida Bagus Oka Nila)

Tempek -Tempek  mempunyai kewajiban bergilir kewajiban secara bergilir untuk menyiapkan sarana upakara pelaksanaan yadjna rutin seperti Purnama, Tilem, Tumpek, Kajeng Kliwon, Galungan dan Kuningan. Untuk Pujawali dibentuk panitia tersendiri yang terdiri dari unsur-unsur Tempek-Tempek. Tugas lain dari Tempek adalah secara bergilir ngiring/mundut Pakuluh ke Pura yang sedang melaksanakan Pujawali.

Tempek Pengempon | CipinangJatiwaringin | Kampung Ambon | Kelapa Gading  | Kelender  | Pondok Bambu | Pulo GebangRawamangun  | Utan Kayu |