Tentang Pura

Pengantar

Om Swastyastu,

Setiap Agama  memiliki tempat suci untuk ibadah, Tempat Suci bagi agama Hindu disebut Pura, Mandir, Kuil, Sanggah, Langgar, Pethirtan, dan sebagainya, namun lebih lumrah disebut Pura.

Di DKI Jakarta terdapat 24 tempat suci agama Hindu, salah satunya adalah Pura Aditya Jaya Rawamangun. Sama seperti Pura lainnya strukstur Pura Aditya Jaya menggunakan struktur Tri Mandala terdiri dari:

Kanistha Mandala (halaman utama) Mahdyama Mandala (halaman tengah) dan Uttama Mandala (halaman utama). Disamping itu secara tersendiri bangunan suci yang ada di dalamnya berstruktur Tri Angga terdiri bagian dasar, badan dan kepala, dimana struktur yang dianut lebih diarahkan pada pakem astas kosala-kosali.

Pengenalan Pura bagi umat Hindu di DKI Jakarta semakin dirasakan, khususnya dalam hal fungsi Pura. Namun tidak sekedar inward looking tapi secara umum outward looking sangat penting. Khususnya bagu\i umat beragama lain melalui forum kerukunan antar umat beragama (FKUB) sangat penting sosialisasinya sehingga keberadaan “Pura” tidak saja difahami oleh umat Hindu.

Khusus Pura Aditya Jaya, sudah banyak bentuk pendalaman dan sosialisasi yang dilakukan, terutama melalui penelitian ilmiah, baik skripsi, maupun berupa tesis. Namun hasil penelitian yang bersifat akademis itu masih jauh dari jangkauan umat karena tidak terpublikasikan. Untuk itulah buku ini dimaksudkan sebagai bentuk sosialisasi yang didasari oleh penelitian sebelumnya.

Mudah-mudahan buku kecil yang kami persembahkan ini ada manfaatnya, dengan harapan jika ternyata memang telah terjadi kesalahan dan kekeliruan dalam penulisannya mohon lritik dan saran dari para pembaca yang budiman. Tiada hal yang sempurna “tan hana wwang swatthanulus” untuk itu kami mohon dibukakan pintu maaf yang setulus-tulusnya.

Om Shanti, Shanti, Shanti, Om
Jakarta April 2009
Ketua SDHD Banjar Jakarta Timur

Tentang Pura | Sejarah Pura | Kondisi Pura | Struktur Pura | Pujawali | Hari Besar Keagamaan