Pokok Ajaran Agama Hindu

Umat se-dharma, panca sradha dan Tri Kerangka  sebagai  pondasi dasar ajaran agama Hindu tentang keyakinan bagi umat sedharma yang menjangkau semua dimensi kehidupan baik di dunia sekala maupun Niskala.

Sebagai fondasi dasar sudah barang tentu, ada pemahaman yang diterima oleh akal dan ada kondisi yang tidak mampu dijangkau oleh akal, yang mengharuskan umat Hindu menerima sebagai suatu keyakinan yang mewajibkan seseorang untuk berpuas diri dengan KEYAKINAN/ SRADHA menjadi kata kuncinya. Dalam konteks ini bukan berarti akal/ Rasio tidak perlu, akan tetapi perkembangan akal jangan sampai mengaburkan keyakinan yang dapat menyebabkan seseorang tidak beragama dan sangatlah berbahaya.

Untuk itu, sebagai umat Hindu mantapkan keyakinan akan agama hilangkan keragu raguan,  pegang teguh dan pahami isi kitab suci Weda secara utuh dan sempurna dengan cara bertahap, berjenjang dan berlanjut. Niscaya, akan sirna dan lenyapnya keragu raguan serta kebimbangan yang dapat mengaburkan keyakinan sehingga sradha dab bhakti dari umat se-dharma semakin kokoh dan mantap.

(Vayu Purana dan kitab Panca Sradha, hal.4-5)

Made Worda Negara
BINROH  Hindu TNI AU. Pesantian Widya Sabha Sasmitha-Yogyakarta

Admin