Percikan Dharma

Umat se-dharma, perlu kita ketahui bahwa kerja keras dan tidak malas merupakan kewajiban dan kebajikan yang patut diusahakan dengan sunguh-sungguh. Tuhan Yang Maha Esa atau Sang Hyang Widhi Wasa hanya menyayangi mereka yang suka bekerja keras dan memiliki ketekunan, bukan mereka yang malas-malasan, gampangan dan menyepelekan segala sesuatu.

Orang yang suka bekerja keras dan memiliki ketekunan akan dapat mencapai keberhasilan. Hal ini sangat sesuai atau relevan dengan perkembangan dunia modern. Barang siapa yang tekun bekerja, tekun belajar, disiplin dan punya kualitas Sraddha yang mantap akan sukses dalam segala kehidupannya.

Demikian pula orang yang tidak mengenal lelah, tidak cepat putus asa akan memperoleh kekayaan lahir dan batin. Hyang Widhi selalu menolong orang yang suka bekerja keras.

Keberhasilan dicapai dengan ketekunan

Krtam me daksine haste
jayo me savya ahitah.
gojid bhuyasam asvajid
dhanamhayo hiranyajit.

Atharva Veda VII.50.8

Artinya
Ketekunan semoga ada di tangan kanan dan kekayaan ada di tangan kiri. Semoga kami mendapatkan sapi-betina, kuda, kekayaan dan emas.

Ulasan
Bahwa dengan bekerja keras kita bisa mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang telah kita kerjakan. Kalau ingin hasil yang baik tentu harus bekerja dengan sekuat tenaga disertai dengan doa sehingga hasilnya tentu akan bermanfaat untuk keluarga dengan waranugraha Hyang Widhi.

Untuk itu hendaknya kita bekerja berdasarkan kebajikan agar hasil yang akan kita dapatkan berbuah manis dan mendapatkan kerahayuan dari Hyang Widhi. Oleh karena itu setiap langkah kita dalam melakukan kerja selalu berdasarkan dharma akan memudahkan mendapatkan sesuatu yang bisa bermanfaat dan berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Demikian orang yang mempunyai disiplin yang kuat dan mau bekerja keras tanpa mengenal lelah niscaya Hyang Widhi akan selalu memberikan kemudahan dan pertolongan yang mereka butuhkan swaha.

dari sebuah Group WA Post: Aris Widodo

Categories: Mutiara Weda